Biografi Hidup Wong Fei Hung

Wong Fei Hung lahir dalam keluarga yg mempunyai reputasi bagus dalam dunia bela diri. Wong Fei Hung lahir di tahun 1847 di propinsi Kwantung.
Dia belajar kungfu tradisional China saat usianya masih sangat muda di bawah bimbingan ayahnya Wong Kei Ying. Saat kecil Fei Hung telah banyak bertualang kesetiap daerah di China bersama ayahnya.

Kesempatan ini dimanfaatkan oleh Fei Hung untuk belajar dan dilatih oleh guru2 kungfu terbaik di tiap daerah. Dalam perjalanannya Fei Hung ketemu dengan Lam Foon Sing (Murid dari master kungfu terkenal saat itu/Tid Kiu San) Lam Foon Sing menurunkan semua ilmunya untuk Wong Fei Hung.
Setelah Wong Fei Hung dewasa dia menjadi pemuda yg mempunyai reputasi yg sangat bagus di bidang Kung FU dan pengobatan tradisional China. Selain itu dia menjadi panutan bagi masyarakat sebagai pemuda yg berkarakter kuat, jujur, gigih dan bermoral.

Kungfu Hung Gar (yg diciptakan Fei Hong) terbukti efektif setelah banyak diuji coba (lawan tanding) oleh master2 kungfu. Banyak sekali Master2 kungfu seluruh penjuru China datang dan tak ada yg pernah mengalahkannya selama Fei Hung hidup.
Selain jago kungfu, dia juga menguasai Barongsai (Lion Dance) sehingga dia dijuluki “King Of Lions”.
Selain berprofesi sebagai Sensei, Guru kungfu, dia juga menjadi instruktur untuk Kwuntung Army dan Pemimpin Mileter.

Keluarga Fei Hung yang malang

Wong Fei Hung pernah menikah sebanyak 4 kali (3 istrinya mati) dan memiliki banyak anak. Ketiga istri terdahulunya mati
karena sakit. Istri yg pertama meninggal tak lama setelah mereka menikah dan mereka tidak mempunyai anak. Dan istri yg
kedua juga meninggal setelah memberikan 2 anak (Wong Hon Sum dan Wong Hon Lam). Istri yg ketiga juga mati setelah melahirkan
2 anak untuknya (Wong Hon Hei dan Wong Hon Hsu).

Yang paling menyedihkan adalah kematian anak pertamanya yg paling jago kungfu Wong Hom Sum setelah ditembak oleh gangsters.
Setelah kejadian itu Fei Hung tidak lagi mengajarkan kungfu kepada anak2nya.

Pertemuan dengan istri ke 4 (insiden memalukan)

Fei Hung mengenal istrinya yg ke 4 di insiden yg memalukan dirinya. Saat itu Fei Hung dan muridnya melakukan demonstrasi Lion Dance entah kenapa sepatu Fei Hung lepas (demo tendangan tanpa bayangan kale) dan terbang mengenai wajah seorang wanita muda (sengaja nih ye…) Fei Hung pun buru2 meminta maaf pada wanita tersebut, permintaan maaf Fei Hung tidak manjur, wanita tersebut marah besar dan menampar wajah Fei Hung. Wanita itu mengkritik pedas Fei Hung “Tidak ada kata tak sengaja karna Seorang master Kungfu seharusnya lebih berhati hati”
Fei Hung tak pernah melupakan peristiwa itu dan mencari tau nama wanita tersebut yg ternyata bernama Mok Gwai Lan dan masih gadis (busyet… playboy jg). Mok Gwai Lan juga berasal dari keluarga kungfu. Nama kungfu keluarganya adalah “Mor Gar”. Mok Gwai memperlajari kungfu dr pamannya yg juga teman baiknya Fei Hung.

Setelah Fei Hung meninggal dunia tahun 1924, Mok Gwai pindah ke Hongkong bersama anaknya dan tinggal di Wanchai. Istrinya juga membuka sekolah kungfu di Hongkong dan pernah diinterview oleh stasiun TV hongkong.

Fei Hung mempunyai banyak murid yg luar biasa, kehidupannya telah banyak difilmkan lebih dari 100 judul film dari hitam putih sampai berwarna. Aktor yg pernah membintangi filmnya antara lain : Jacky Chan dan Jet Lie.

Sumber: http://nibiru.blogdetik.com

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s